Young Savage Merilis Video “2000’s Kid”

Rabu (27/9) unit indie rock asal kota Malang, Young Savages, resmi meluncurkan video lirik untuk singel terbaru mereka yang berjudul “2000’s Kid”. Lagu ini merupakan singel kedua Young Savages yang nantinya akan menjadi bagian debut album yang bertajuk sama dengan judul singel terbaru mereka, 2000’s Kid. Lagu “2000’s Kid” menceritakan tentang kebahagian para personil Young Savages sebagai generasi yang tumbuh di era 2000’an.

“Lagu ini merupakan ungkapan kebahagiaan kami (personil Young Savages) yang merupakan sekumpulan anak-anak yang tumbuh dan berkembang di era 2000’an,” terang Adin, vokalis Young Savages selaku pembuat lirik. Bahasan mengenai generasi belakangan memang hangat menjadi topik perbincangan di berbagai lini masa. Namun Adin menegaskan jika lagu ini bukan untuk mengklasifikasi generasi mana yang lebih baik atau sebaliknya, hanya saja Adin dkk sedikit kesal dengan para pemuda seusia mereka yang enggan atau bahkan malu mengakui jika mereka tumbuh sebagai generasi 2000’an.  “bagaimanapun anggapan-anggapan yang dilebelkan kepada generasi 2000’an, kami tidak pernah malu untuk mengaku jika kami bahagia menjadi bagiannya.” lanjutnya.

Sebagai generasi milenial yang tumbuh di era 2000’an, personil Young Savages tentu dihuni oleh para pemuda yang ‘ramah’ terhadap teknologi, terutama media sosial. Hal tersebut dibuktikan dengan konsep yang digunakan oleh Young Savages pada video lirik singel “2000’s Kid”. Yakni memanfaatkan platform Twitter dengan menggunakan teknik screen recorder.

Pada dasarnya fungsi screen recorder ini sama halnya dengan audio recorder. Jika audio recorder berfungsi merekam suara untuk diubah dalam bentuk data, maka screen recorder merupakan teknik yang berfungsi merekam segala aktifitas dalam layar handphone atau monitor untuk dapat disimpan dalam bentuk video.

Jadi, pendengar singel terbaru “2000’s Kid” seperti diajak untuk menonton kegiatan scrolling timeline Twitter milik akun bernama @YOUNGSVGS dan menelaah satu-persatu status yang diunggah oleh kawan-kawan Young Savages. Namun menariknya status-status yang diunggah oleh kawan-kawan Young Savages tersebut bukan berisi kata-kata bijak atau keluh-kesah mengenai percintaan, melainkan berisi  potongan-potongan lirik yang terkandung dalam singel “2000’s Kid”.

Nanda Eka,yang merupakan bassis Young Savages juga selaku pembuat video lirik singel terbaru  “2000’s Kid” menceritakan datangnya ide konsep video lirik tersebut, “awalnya saya hanya scrolling timeline untuk mencari informasi sekaligus melihat ‘kicauan’ teman-teman di Twitter, sampai saya terhenti pada satu unggahan video yang menggunakan teknik screen recording ini, jadi ya langsung saja saya terapkan untuk singel terbaru Young Savages,”

Twitter yang selama ini dikenal menjadi panggung untuk berkicau dan bersuara bagi para penggunanya memang belakangan kembali banyak diminati. Namun sayangnya wajah Twitter yang dulunya menjadi media sosial untuk berkicau dan menjadi sumber mencari informasi kini kerap disalahgunakan untuk dijadikan alat menyebar berita palsu (hoax) dan ungkapan-ungkapan kebencian.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan Nanda menggunakan platform Twitter untuk pembuatan video lirik “2000’s Kid”, “wajah Twitter yang belakangan ini kembali banyak diminati sudah berbeda dari beberapa tahun lalu, kini tak jarang kabar-kabar palsu atau ungkapan kebencian berseliweran di timeline. Melalui video lirik ini kami juga sekaligus ingin mengajak para pengguna Twitter untuk lebih selektif dan bijak dalam mengkonsumsi kabar dalam media sosial dan menggunakan Twitter untuk menyebarkan hal-hal positif.”  ujarnya.

Pada peluncuran video lirik ini Young Savages juga mengumumkan kepastian rilisnya debut album mereka  yang telah lama dijanjikan. Hal tersebut bisa dilihat pada akhir scene video lirik “2000’s Kid”, di mana Young Savages menyertakan foto debut album terbarunya dalam rupa kaset. Rencananya, Young Savages akan meluncurkan debut album 2000’s Kid pada gelaran Malang Cassette Store Day yang kabarnya akan kembali digelar pada pertengahan bulan Oktober 2017 mendatang. Produksi debut album 2000’s Kid nantinya akan dibantu oleh label rekaman, Frekuensi Records.

Young Savages saat ini beranggotakan Adin (vokal), Rian (gitar), Bintang (gitar), Raditya Putr (drum), Nanda Eka (bass), dan Prismadifta (vokal & keyboard), nama terkahir adalah personil baru yang dipercaya untuk menggantikan Tiara yang memutuskan untuk keluar.

Album 2000’s Kid dalam rupa kaset pita mulai saat ini sudah bisa dipesan melalui tautan yang tertera pada kolom deskripsi Youtube video lirik “2000’s Kid”. Selain pemesanan debut album, Young Savages juga membuka pre-order untuk pembelian official merch mereka.

Video lirik Young Savages berjudul “2000’s Kid” sudah bisa disimak melalui tautan berikut ;

 

Credit Notes

“2000’s Kid”

Lirik oleh Adin

Video lirik oleh Nanda Eka Candra

Musik oleh Young Savages

Artwork singel oleh Bintang Priyadmadi

 

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close