The Lampu, Kembalinya Post-Punk di Bali

Ketika mendengar kata Bali, kiga mungkin akan berasosiasi dengan pantai, selancar, cuaca yang sunny dan pengaruh hardcore punk, metal dan punk rock yang kuat.

Siapa sangka ada orang di Bali konsisten mengutarakan visinya tentang bali dalam suasana temaram. Tersebutlah Dully seorang pro sufer, seniman dan Musisi. Dully pernah mempunyai band post-punk bernama The Gotham di pertengahan 2000an, terpengaruh dengan She Wants Revenge, Interpol dan Bauhaus. Beat yang monoton dan reverb yang pekat menjadi andalan The Gotham. saya mengetahui The Gotham karena mereka menjadi perhatian Jimi Multhazam saat The Upstairs menyambangi Bali saat itu via info twitter dan sampai pula saya pada Myspace mereka dengan 4 lagu saja, lalu pada april 2010 bertambah 4 lagu lagi jadi 8 lagu, selanjutnya sudah itu saja.Sampai akhirnya mereka menguap begitu saja ke udara tanpa kabar apa – apa.

Lalu Juli lalu saya dikirimi sebuah chat dari Reka Nugraha, seorang owner record label dari Bandung yang ingin mengirimkan cd promotional single dari sebuah band bernama The Lampu. Saya setuju saja dan tertarik karena Reka bilang The Lampu adalah band post-punk dari Bali, batin saya wah ternyata ada juga penerus dari The Gotham. Saya terima cd 2 minggu kemudian dan ternyata saya baca info di belakang ada nama yang tak asing. Dully lagi bertindak sebagai vokal dan gitar. The Gotham rupanya alih rupa menjadi The Lampu. Selidik punya selidik Dully juga sempat punya band bernama The Before Century tapi tak sempat naik ke permukaan internet sehingga terlewat dari radar saya.

Sesuai perkiraan, The Lampu tak berjalan jauh dari jalur yang sudah dimainkan The Gotham. Post-punk menyerempet Goth rock yang monoton yang mengingatkan kita pada The KVB, Lebanon Hannover dan She Past Away yang menjadi idola muda-mudi masa kini era 2010an. Disini Dully juga nyaman dengan format duo, mengajak Eko salah satu anggota band punk The Sneakers and The Poppies. A Wave sendiri mengambil pendekatan repetisi seperti Suicide maupun minimal wave eropa yang kesederhanaanya ternyata menambah nuansa mencekam dari lagu tersebut.
The Lampu bisa juga diintip secara digital di https://ruangkecilrecs.bandcamp.com/releases

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close