Review Egon Spengler – Ecto-1

Buah Proses Panjang 9 Tahun

Bicara tentang horor punk di Indonesia, mungkin benak langsung tertuju pada nama Kelelawar Malam. Band yang horor punk jakarta yang terbentuk sejak 2007 ini memang sering mendapat spotlight bagus dari media-media musik nasional. Tanpa banyak orang sadari di tahun yang sama, di Surabaya, beberapa pemuda dari kampus ITS dan Unesa juga muncul dengan horror punk bertema Ghost Buster. Tersebutlah Egon Spengler dengan anggota Albert (vokal), Ikank (gitar), Besta (Gitar), Dimar aka Tebo (Bass) dan Rombe (Drum). Nampaknya mengatakan mereka mirip Misfits sangatlah tidak pas, karena dengan tempo yang tinggi, drum yang rapat dan gitar yang juga diwarnai dissonant, Egon Spengler menawarkan nuansa horror punk bernafas hardcore punk lebih mirip Black Flag, jamming dengan Swiz dan Screaming Lord Sutch.

Vokal Obek sebutan akrab Albert lebih terdengar seperti berteriak daripada vokal horror punk yang cenderung melodis dan aransemen musik Egon Spengler sangat rapat dan kencang. Satu yang perlu dicermati bahwa Egon Spengler hampir selalu tampil dengan properti gabus layaknya Opera Van Java, sebuah alternatif sehat dari slamdance dan kostum yang imut, namun sekarang lebih sering vokalisnya saja yang mengenakan kostum. Meskipun begitu performa mereka masih berbahaya.

Lewat album Ecto – 1 rilisan Radioactive Force 2016, akhirnya setelah menunggu 9 tahun, fans Egon Spengler bisa menikmati Molotov Muda, Not Dead Enough dan Attack of The Teenage Zombie di masing – masing ruang dengar. Terutama Not Dead Enough yang beratmosfir undead, tapi bayangkan undeadnya mengejarmu dengan berlari bukan berjalan. Tak hanya Horror punk, Egon Spengler juga menampilkan sisi politis mereka di Molotov Muda tentang ketidakpercayaan mereka terhadap pemerintah dan otoritas.

All in all Egon Spengler adalah band yang solid dan formasinya terbukti bertahan tanpa ada perubahan apa pun sejak 2007. Musik mereka mampu memberi magma panas di antara lineup yang lemah dan dingin. Lewat Ecto – 1 semoga mereka kembali dapat menyambangi panggung – panggung luar Surabaya sama seperti awal – awal karir mereka.

available at: https://www.bukalapak.com/u/dopenessid

 

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close