PRIMATA RILIS “TEBANG”

Single Baru PRIMATA tentang Deforestasi

 

Konflik antara manusia dan orangutan di Kalimantan kian serius dan tampak tidak berujung. Konflik menjadi tak terhindarkan karena primata orangutan dan manusia punya kecenderungan pemilihan habitat yang sama. Orangutan cenderung memilih kawasan dataran rendah dan subur. Lokasi itu justru disukai manusia karena cocok untuk budidaya perkebunan kelapa sawit dan karet.

Krisis ini yang menginspirasi Primata dalam menulis “Tebang!” Lagu yang bernuansa suram dan depresif ini berusaha memusikalisasi keadaan yang sama ketika penebangan hutan di Kalimantan terus terjadi tanpa memedulikan habitat orangutan maupun satwa liar lainnya.

“Tebang!” sudah bisa didengarkan dan diunduh secara gratis di laman Bandcamp primatatheband.bandcamp.com, serta tersedia di berbagai layanan musik streaming seperti Spotify, iTunes, Deezer, dan lain sebagainya. Selain itu, single ini telah masuk ke dalam album kompilasi Samping Jakarta yang dirilis oleh Kedubes Bekasi dan Paviliun Records.

“Tebang!” digubah dan diaransemen oleh dua personel Primata yakni gitaris Rama Wirawan dan bassis Adhitomo Kusumo, kemudian direkam serta diramu oleh Wendy Arintyo di ALS Studio, Rempoa, Tangerang Selatan pada Juli 2017, dan akhirnya dipoles oleh insinyur suara Reza Hilmawan di MRH Studio, Jakarta. Track drum diisi oleh Ria Antika, gitar tambahan oleh Reddy Aulia (Makmur Sejahtera), dan terompet oleh Prima Mouthu (Makmur Sejahtera).

Artwork sampul yang merupakan ilustrasi wajah sedih orangutan, digambar dengan teknik pointilism yang cermat oleh seniwati muda berbakat, Dwi Triyana Fatma Suri.

Selain itu juga kami memproduksi merchandise berupa t-shirt berwarna hitam dan putih dengan artwork yang sama pada sampul “Tebang!” dan kami bandrol dengan harga 150 ribu rupiah. 30 persen dari keuntungan akan kami sumbangkan kepada The Centre for Orangutan Protection (COP) guna memberi kontribusi pada upaya penyelamatan orangutan di hutan Kalimantan dari brutalitas manusia.

Untuk memesan merchandise “Tebang!” silakan melalui tautan bit.ly/KaosPrimata

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close