PKK (Peka_ Kelas Keliling): Membahas Peran Visual dalam Dunia Musik.

Tidak bisa dipungkiri, dalam dunia band-band’an, sebuah konsep visual sangat membantu dalam penyampaian maksud sebuah karya musik. Entah itu visual dalam konsep panggung, artwork hingga merchandise, semuanya jelas berkesinambungan dengan pengkaryaan seorang seniman musik. Sebagai contoh saja, The Beatles dengan Sgt. Pepper dan Abbey Road-nya, lalu ada The Wall dan The Dark Side of the Moon dari Pink Floyd, dan masih banyak lagi.

Peka_, sebuah unit zine kolektif dari Universitas Negeri Malang (UM) juga ingin ikut andil dalam membahas isu visual dalam kancah permusikkan ini. Setelah menghasilkan zine yang terbit rutin per bulan dan dilanjutkan dengan rangkaian acara Kelas Keliling, sebuah acara mingguan untuk membahas dunia “band-band’an” di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dan umum, kini Peka_  berkolaborasi dengan Novan Tri (Tani Maju) hadir dengan sebuah edisi khusus Kelas Keliling dengan tema “Visual dalam Dunia Musik”.

Bertempat di Kafe Pustaka UM pada tanggal 6 April 2017 dan dimulai sore hari pukul 15.00 WIB, acara ini menyuguhkan sebuah pameran karya visual band-band independen Malang. Karya yang ditampilkan antara lain seperti desain kaos, merchandise, dan juga rilisan dari kalangan artists yang berkontribusi pada masing-masing band itu sendiri. Pameran ini sendiri akan dikuratori oleh Wawan dan Samack.

Di dalam pameran ini juga akan ada artist talk bersama para seniman di balik artwork band-band independen Malang yang ditampilkan. Artist Talk ini berkaitan dengan karya mereka yang dipamerkan. Selain itu, akan ada diskusi mengenai “Korelasi Musik & Artwork” dengan Samack sebagai narasumber.

Selain acara pameran dan diskusi, PKK kali ini juga menghadirkan Pasar Peka_, di mana band-band/musisi maupun pihak-pihak industri kreatif yang ingin ngelapak bisa dengan bebas membuka lapak di perhelatan ini. Tercatat sudah ada beberapa pihak yang mengonfirmasi akan ngelapak di sini seperti band Kos Atos, Tani Maju dan masih banyak lagi. Diharapkan dengan Pasar Peka_ ini, para pelaku musik dan industri kreatif pada umumnya bisa saling bersilaturahmi satu sama lainnya sembari membangun pertemanan (dan juga me-lakukan produk masing-masing tentunya).

Di akhir acara, akan ada penampilan dan bincang santai dengan MonoHero. Band Psychedelic ambient yang baru saja nge-tour ke mana-mana ini akan memberikan sudut pandangnya dalam bermusik dan bervisual. Seperti yang telah diketahui, MonoHero merupakan sebuah unit musik yang berusaha menggabungkan dua disiplin ilmu; musik dan visual. Sebagai band yang menawarkan pengalaman visual dan musik, tentunya MonoHero merupakan sebuah unit yang manis untuk perform di acara ini.

 

Sekilas tentang Peka_

Peka_ sendiri merupakan sebuah zine kolektif yang diprakarsai oleh Kipul, KMPL, Ersa dan Beng. Berfokus pada kancah permusikkan UM khususnya dan Malang pada umumnya, zine ini terbit rutin setiap bulan. Selain zine, Peka_ juga menggagas sebuah acara diskusi musik bersama bernama Kelas Keliling yang diselenggarakan setiap minggu di lingkungan UM.

 

 

IG                                 : @peka_corps

Contact Person          : 083 846 106 290 (WA)/ harinopali (Line)

Email                           : pekacorporation@gmail.com

Website                      : pekazine.tumblr.com

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close