Review Album: Nonanoskins – Ricochet Baby

Nonanoskins adalah sebuah band yang beridiri di Surabaya dengan genre pop punk. Mereka pernah masuk dalam kompilasi Peter Says Denim “Defend The Ground” dan kompilasi “Time Is Monkey” rilisan Malaysia. Sebelumnya mereka bernama Stuart Little dengan personil Boy, Edo, Haris, Ade dan Amin. Kemudian Edo dan Boy keluar dan digantikan Yayak dan Ian. Yayak hengkang dan digantikan Nobi sebagai vokalis sebelum Nonanoskins hiatus untuk beberapa saat di tahun 2012 sampai akhirnya 2016 mereka kembali dengan formasi baru yaitu Zara Zahrina (vokal), Luthfy (gitar), Sinergy Aditya (bass), Dika (drum) dan satu satunya anggota lama (nonoskins mk.II) Brilyan Prathama (gitar).

Dengan pergantian formasi ini, berganti pula nuansa Nonanoskins menjadi punk rock/2010’s pop punk/riot grrl. Total ada 10 track dari inkarnasi Nonanoskins sebelumnya dan sayangnya tidak terdokumentasikan dalam satu album, akhirnya setelah tahun 2012 mereka baru muncul dengan EP perdana berjudul “Ricochet Baby” yang berisikan 4 track agresif bertema sedikit feminis, tema yang 180 derajat berbeda dari inkarnasi sebelumnya.

Nonanoskins - Ricochet Baby

Nonanoskins lantang bersuara tentang anti-rape culture seperti track pembuka, “Catwalk”. Lalu ada track “Waiting Room” yang masih membawa nafas pop-punk yang kini dibalut generasi-generasi Man Overboard atau Neck Deep. “This Song Is Totally About You (But Saying It Would Make Sound Cheesy As Hell)” hadir dengan nuansa 90’s punk, menceritakan keluh kesah seorang wanita tentang significant other nya. “All Girls Go To Heaven” menutup EP ini sebagai kandidat potential anthem seluruh wanita di dunia. Dengan bergantinya vokalis, tak hanya Nonanoskins berganti front cover tapi juga berganti seluruh artikel dibalik sampul tersebut. Ketika dahulu Nonanoskins berada di point of view pria yang sering terluka dan ditinggalkan, kini Nonanoskins mantap layaknya berada di sudut ring women’s boxing championship dengan gagah menghadapi segala hook dan jab yang datang menerpa.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close