MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK (Hayat, 2017)

Sistem Pelayanan Yang Mengutamakan Kepentingan Masyarakat Sebagai Penerima Pelayanan

Judul : Manajemen Pelayanan Publik

Penulis : Hayat

Penerbit : PT. RajaGrafindo Persada, Depok.

Kota : Jakarta

Tahun terbit : 2017

Tebal : 225 halaman

Text bahasa : Indonesia

Hasil dari review saya terhadap buku “Manajemen Pelayanan Publik” yang di tulis Hayat. Tujuan review ini adalah untuk mengetahui konsep, fungsi dan tujuan pelayanan publik, kinerja pelayanan publik, sumber daya aparatur pelayanan publik, reformasi birokrasi pelayanan publik, dan good governance. Bagaimana dengan pelayanan publik di Indonesia pada saat ini? Ya, masih di bawah standar, masyarakat sering mengeluh dengan pelayanan yang diberikan. Pelayanan publik di Indonesia butuh dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas.

Apa keterkaitan antara manajemen dan pelayanan? Setiap organisasi mempunyai kerangka dasar untuk melakukan kegiatan organisasi sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Ada kepemimpinan, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan pendanaan sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Kesemuanya berada pada posisi yang seimbang dalam lingkaran manajemen dan system yang ada sesuai dengan kebutuhan organisasi. Organisasi adalah batang tubuhnya, sementara manajemen adalah penggerak dari batang tubuh organisasi untuk mencapai tujuaan yang diharapkan dan terus berkembangserta semakin baik.

Ada proses manajemen yang dijalankan dalam sebuah organisasi. Organisasi publik erat kaitannya dengan proses manajemen publik, baik secara teori maupun praktik. Organisasi publik harus dikelola dengan manajemen publik, karena orientasi yang dibangun adalah public service atau untuk kepentingan publik dan masyarakat. walaupun secara prinsip tidak ada bedanya dengan manajemne lainnya, tetapi manajemne publik mempunyai kerangka konsep yang berbeda. Karena orientasinya jelas berbeda.

Pemahaman yang paling mendasar dalam memahami manajemn publik adalah yang dilakukan di dalam organisasi pemerintahan yang berorientasi pada kinerja pelayanan publik dan kualitas publik. Manajemen publik dalam orientasi pemerintahan sama halnya dengan manajemen birokrasi.

Pelayanan publik merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pelayanan publik sebagai indicator penting dalam penilaian kinerja pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah. Penyelenggaraan pemerintahan dikatakan baik jika pelayanan publik yang dilakukan berorientasi pada kepentingan masyarakat. pelayanan yang baik dan berkualitas memberikan implikasi kepuasan kepada masyarakat, karena masyarakat secara langsung menilai terhadap kinerja pelayanan yang diberikan. Indicator kepuasan masyarakat itulah yang menjadi tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pemerintah.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dalam Pasal 1 ayat (1) bahwa pelayanan publik adalah kegiatan dalam rangkapemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan/atau pelayanan publik. Dipertegas pula dalam ayat (7), bahwa standar pelayanan adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Bidang kajian kebijakan dan inovasi administrasi Negara PKP2A IV LAN Aceh (2014), juga mengungkapkan, bahwa tidak mudah mengubah mindset, karakter, manajemen dan system yang ada dalam pengelolah sumber daya manusia aparatur. Persoalan yang paling pokok adalah : pertama, budaya kinerja dan pelayanan yang belum tertanan lebih baik. Kedua, aparatur negara masih dipandang bukan sebagai profesi. Ketiga, pengaruh politik dalam penyelenggaraan pelayanan publik dan aspek nepotisme dalam birokrasi masih bergejala.

Pelayanan publik yang berkualitas hanya dapat diupayakan dengan pemberlakuan sistem pelayanan yang mengutamakan kepentingan masyarakat sebagai penerima pelayanan. Kepentingan kepada masyarakat sebagai penerima pelayanan adalah hal yang mutlak dilakukan oleh penyelenggara pelayanan. Bukan siapa yang melakukan, tetapi siapa yang membutuhkan. Sehingga dengan demikian, pelayanan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat dapat dilakukan secara optimal.

Bentuk pemberian yang dilakukan oleeh aparatur pelayanna kepada masyarakat sebagai pengguna pelayanan adalah sebagian dari pelayanan publik. Penerimaan oleh masyarakat menjadi penilaian tersendiri atas apa yang telah diberikan oleh aparatur pelayanna melalui pelayanannya. Setiap pelayanan yang diberikan adalah bagian dari tugas dan tanggung jawabnya serta sudah menjadi kewajiban penyelenggara pelayanan untuk memberikan pelayanna yang baik. Baik atau buruknya penilaian terhadap pelayanan publik tergantung sejauh mana pelayanan itu diberikan.

Kelebihan : Buku ini menyajikan tentang pelayanan publik. Mulai dari kinerja pelayannan publik sampai menjadi good governance. Penjelasan materi di dalam buku dapat memberikan pemahaman tentang pelayanan publik. Selain itu buku ini tidak hanya di jadikan referensi di kalangan dosen dan mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Publik, tetapi juga dapat dibaca oleh  praktisi pelayanan publik dan para birokrat.

Kekurangan : Dalam buku ini hanya mengungkapkan materi-materi pelayanan publik tidak diberikan contoh yang terjadi di kehidupan nyata. Meskipun demikian buku ini layak untuk di jadikan referensi di kalangan dosen dan mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Publik, tetapi juga dapat dibaca oleh  praktisi pelayanan publik dan para birokrat.

Secara umum, “Manajemen Pelayanan Publik” salah satu buku yang didalamnya terdapat pengetahuan yang mendalam tentang pelayanan publik, buku ini dapat dijadikan referensi untuk kalangan mahasiswa S1, S2, dan S3 atau pengajar pada Fakultas Administrasi terutama jurusan Administrasi publik, juga dapat di baca oleh praktisi pelayanan publik dan para birokrat.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close