Malang Cassette Store Day 2017

Sekilas tentang Cassette Store Day (CSD), event ini pertama kali dibuat ditahun 2013 oleh grup record label di UK.DJ Jen Long dari  Radio 1 berkolaborasi dengan Steven Rose dari Sexbeat Records & Matt Fladgari, Suplex Cassettes. Mereka menrancang event untuk sebuah hari yang didedikasikan untuk format yang bisa dibilang abadi. Menurut Long, meskipun CSD terinspirasi dari Record Store Day, CSD lebih fokus ke perayaan kaset daripada toko rekaman (record shop). Perayaan CSD pertama kali digelar pada tanggal 7 September 2013.

Lebih dari 28 toko kaset, termasuk Rough Trade Records, di London, memproduksi kaset edisi terbatas bersama dengan beberapa toko lainnnya. Sejak itu CSD dilanjutkan dan menyebar ke negara-negara lain, contohnya; Burger Records (California, USA) yang mengorganisir semua rilisan di Amerika utara, diikuti oleh Balades Sonores (FRA) & VSI (JPN) , juga Nasty Wizards (CHN), bahkan Blak Hands records juga mengambil kontrol untuk rilisan di UK.

Motorhead, Ramones, Julian Casablancas, Pixies, The Flaming Lips, Courtney Barnett, Green Day dan Muse adalah band-band yang pernah merilis kaset di gelaran CSD. Dengan demikian, CSD telah menjadi tempat/jalur penting untuk talent baru dan membentuk wadah untuk musik underground, dengan genre luas, untuk selanjutnya bisa beredar di gig, interview radio bahkan record stores (sumber dari Official International Cassette Store Day)

Untuk Malang sendiri, CSD juga diadakan bertepatan dengan gelaran internasional tiap tahunnya, terhitung sudah 5 kali event CSD diadakan di kota Malang, hingga tahun ini. Tahun 2017 ini CSD diadakan di Teras Panglima kafe, sama seperti tahun lalu, dan tempat-tempat seperti Museum Musik Indonesia (MMI) dan Digital Lounge ditahun-tahun sebelumnya, dimana dari perayaan yang bersifat kecil hingga mencapai seperti sekarang yang berskala menengah. Dengan kata lain jumlah peserta dan juga rilisan yang keluar pada saat CSD, juga para pemburu “berhala” berupa kaset ternyata jumlahnya semakin meningkat tiap tahunnya. Sebanyak 21 peserta mengikuti gelaran CSD 2017 yang didominasi oleh record label dan beberapa penjual kaset yang telah lama menjadi dealer kaset bagi para die hard cassette collectors di kota Malang. Meskipun dengan peserta lapak lebih sedikit dari acara CSD tahun kemarin, namun produk rilisan pada acara CSD tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin yaitu berupa rilisan band baru maupun re-format dari band-band Malang dan luar kota. Seperti tahun sebelumnya, kali ini CSD Malang juga mengeluarkan album kompilasi lintas genre dari band-band Malang, sebanyak 18 band yang berpartisipasi dalam kompilasi CSD 2017 mulai dari folk, pop, punk sampai grindcore.

Kolektif Malang Record Label sebagai organizer pada tiap tahunnya dapat dihubungi melalui media sosial @mlgrecordsday (IG), @MLGrecordsDay (twitter) dan malangrecordslabel@gmail.com

Salam kaset!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close