JR.Smith Rilis EP “ANOMALI”

Wajah Baru JR. Smith sejak 2018-beyond

Industri musik Kota Malang kembali dimeriahkan oleh kehadiran salah satu band potensial. Mengusung konsep Indie Rock, JR.Smith hadir di industri musik indie Kota Malang. Membawa nuansa lagu yang punchy dan energic,  membakar gairahpendengarnya di kota dingin.Band ini diprakarsai oleh Irham Aunur  (vocal), Cyndy Mei (vocal), Izzul (guitar lead), Satrio (Guitar Ryhtm), Parjo (Bass), dan Diki (Drum). Kehadiran 2 vokalis membuat lagu lagunya memiliki kesan “Sing with pride” dalam menyanyikannya .Terbentuk dariorganisasi musik “Homeband” kampus tepatnya di  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, JR.Smith berkiprah dari tahun 2015, namun dengan konsep“lucu lucuan” ungkap Izzul . Sempat berganti personil , akhirnya pada tahun 2018 JR.Smith mematenkan formasi barunya dan membuat gebrakan dengan karakter musik yang dibawa sekarang.

Dengan EP berjudul “ANOMALI”  dan berisikan 2 materi lagu, JR.Smith melihat potensi untuk menembus pasar khususnya di level lokal. Menurut Izzul, musik di Kota Malang sedang on fire dan banyak musisi indie yang sedang naik daun. Namun jarang ada warna musik seperti JR.Smith . Karena rock yang dibawa berbeda dari biasanya , tambahnya. Hal ini bisa menjadi peluang dan tantangan tersendiri untuk Smith, karena, musik yang dibawa bukan musik “pasar” dan cenderung idealis. “Prinsipnya kita menciptakan pasar,karena pasar bisa diciptakan, dan cipta bisa dipasarkan . Kayak lagunya ERK (Efek rumah kaca)” , tutur Izzul.

Dalam proses produksinya, JR.Smith dinahkodahi oleh Rama Satria selaku produceryang sudah berpengalaman menangani beberapa band besar di Malang, seperti C-Fourbahkan band nasional seperti Zivilia, T2, hingga Agnez Mo. Untuk photo session dan pembuatan cover art nya dibantu oleh 2 fotografer handal, yakni Kenzo(@Alkanzakenzo) dan Rizal (@Lazir.am). Penggarapan EP ini dimulai dari awal tahun 2018. Diawali proses aransemen lagu “Anomali” dari bulan Maret, dan aransemen lagu “Imaji” yang dimulai pada bulan Agustus. Masuk ke dapur rekaman di bulan Oktober, dan diproses hingga bulan Desember untuk launching ke Digital Store. Dalam perjalanannya, JR.Smith tidak hanya berfokus pada tahap produksi saja, namun ada beberapa tawaran stage selama bulan tersebut.Softlaunching lagu Anomali sudah dilakukan, pada bulan November, ketika stage “Flotus Festival 2018” di Ex Bioskop Kelud Malang. “Hype nya juga sudah terasa ketika itu. Apalagi di lagu ini, ada part saxo  yang dimainkan teman kita, Abinawa”, menurut Satrio.

Sesuai dengan arti Anomali yang berarti ketidaknormal an, cerita dari lagu ini sendiri adalah tentang hal hal yang dianggap tidak biasa namun karena sudah menjadi sebuah kebiasaan, akhirnya hal ini dianggap hal yang biasa untuk dilakukan. Fenomena yang sering terjadi di masyarakat sekarang. Dalam salah satu baitnya , “Biasanya, biasakan, bias sudah nilai tak ada norma, biar sudah, biasanya kita yang diam saja” mengartikan bahwa, sebenarnya kita bukan kekurangan orang hebat untuk berubah, namun tidak adanya orang yang mau berbicara dan mengingatkan akan sebuah kesalahan. Tema lagu ini diusung oleh Satrio , dan dikembangkan bersama oleh personil lainnya.

Berbeda dengan lagu “Imaji”, yang bercerita tentang betapa mudahnya kita dalam bermimpi ketika masih usia belia, namun seiring berjalan nya waktu dan semakin kita mengenal dunia, mimpi yang kita idamkan dari kecil terpaksa terdegradasi dan hanya menjadi angan. Realita menjadi inspirasi dalam pembuatan 2 lagu JR.Smith

Menurut Izzul, dalam era sekarang dimana industri kreatif mulai diperhatikan, membuat sebuah band tidak lagi soal bagaimana kita membuat lagu, lalu tampil menunjukkan karya nya. Tapi bagaimana sebuah band ini bisa menjadi wadah pengembangan passion bagi orang orang yang memang bergerak di bidang kreatif lain nya. Seperti content creator, sound engineer, dan crew. Izzul memandang JR.Smith bukan hanya 7 orang yang sedang ngeband di atas panggung saja, melainkan sebuah tim yang memang menyajikan sebuah pertunjukan yang apik. “Sound engineer, Crew, fotografer, mereka semua juga bagian dari JR.Smith”, tambah Izzul.

Kedepan nya, JR.Smith mencoba mulai membentangkan sayap melalui EP ini, dan melihat digital store sebagai cara yang strategis. Dari hal tersebut mereka berharap bisa mulai mendapatkan hati para pendengarnya, dan bisa lebih menambah jam panggung mereka.EP “ANOMALI” sudah bisa di dengar di beberapa platform ternama seperti Spotify, Joox, iTunes, hingga Deezer mulai tanggal 25 Desember 2018.

Official Account :

Instagram: @Jr.Smith.Rockin

Twitter: @JrSmithRockin

Youtube: JR.Smith

 

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close