I’m Sorry I’m Lost Rilis 50:50

"Makna Kehidupan Dan Kematian"

Lewat debut album 50:50, I’m Sorry I’m Lost  coba memaknai akan arti kehidupan dan kematian lewat instrumen.


Setelah melepas bebas single “I Hate You and Your Drama” dan kemudian disusul debut single untuk album, “You Can Run, But You Can’t Hide”, unit instrumental rock/post-rock asal kota Malang, I’m Sorry I’m Lost atau biasa dikenal dengan akronim ISIL akhirnya resmi meluncurkan debut album yang diberi tajuk 50:50 di bawah label rekaman independen, Barongsai Records.

Mengenai musik yang diusung, Ananda sang gitaris mengungkapkan jika musik pada debut album 50:50  adalah hasil eksperimen mereka dari meleburkan berbagai macam referensi musik instrumental rock dan mengolahnya dengan karakter sound  ISIL, “Dalam album ini kami mencoba menggabungkan beberapa teknik dari sumber referensi musik ISIL, mulai  crescendo ala Caspian dan Mono,  loudsound ala Mogwai, hingga Eksplosions In The Sky dan Pray For Sound,” ujar Ananda.  “tak hanya itu, kami juga menerobos ke akar musik ISIL yakni rock.”

Dalam album terbarunya ini, ISIL menghadirkan 5 materi yang keseluruhannya dikerjakan di studio Heaven Drive bersama Haryo sebagai sound engineer sekaligus pihak yang dipercaya menangani mixing dan mastering.  Selain itu, untuk urusan desain artwork  album, ISIL tetap dibantu oleh seniman muda, Bintang Priyadmadi, yang selama ini juga menjadi artworker  untuk single ISIL yang pernah dirilis.

Keseluruhan materi digarap selama lebih dari setahun dengan berbagai rintangan sebagai bumbu perjalanan sebelum akhirnya rampung menjadi album. Mulai dari menyatukan emosi tiap personil, menemukan jadwal untuk briefing disela kesibukan, hingga mundurnya salah satu personil menjadi tantangan terbesar selama penggarapan album 50:50. Bahkan salah satu materi pada album ini yang berjudul “I’m So Afraid of Losing” hanya dikerjakan dalam waktu cukup singkat, tiga minggu.

Melalui debut albumnya ISIL mencoba memaknai akan arti sebuah kehidupan dan kematian. Lebih tepatnya tentang perjumpaan dan perpisahan. “50:50 adalah mengenai keseimbangan, bagaimana kami mencoba merepresentasikan keseimbangan dalam kehidupan lewat nada/instrument yang kami mainkan.” ungkap Ananda

Seperti pada lagu berjudul “You Don’t Love Me , You Love Me When You Need Me” yang menceritakan sebuah hubungan antar manusia yang hanya terjalin hanya ketika dibutuhkan. Atau sebuah perenungan akan menjalani kehidupan dengan penuh rasa bimbang dan penyesalan pada lagu “In The End? Who Can I Trust?”.

Selain ketiga lagu tersebut, 50:50 juga akan menghadirkan lagu berjudul “Thank You, I’m Home” dan termasuk juga single yang pernah dirilis, “You Can Run But You Can’t Hide” di mana keseluruhan kisahnya coba dipresentasikan ISIL melalui instrumen tanpa kehadiran kata atau lirik.

“Inilah jati diri kami dan dengan musik yang ISIL usung kami merasa dapat menyentuh emosi serta menyampaikannya (pesan) kepada pendengar secara lepas dan jujur,” aku Ananda.

Mengenai bagaimana harapan respons pendengar nanti, ISIL mengaku jika membebaskan pendengar untuk memaknai setiap lagu yang terkandung pada 50:50  berdasarkan mood dan suasana hati mereka.

“Setiap materi pada album ini memiliki petualangan musik yang berbeda. Oleh karena itu album ini bisa didengar di segala suasana, waktu, tempat dan kondisi. Sesuai yang pendengar inginkan.” Tutup Ananda.

I’m Sorry I’m Lost terbentuk pada tahun 2015, dan saat ini beranggotakan Ananda Khrisna (gitar), Rizza (bass), Leo (drum), dan tambahan  personil baru, Boim (gitar). Saat ini album 50:50 versi kaset pita sudah bisa di dapatkan melalui label rekaman Barongsai Records.

Track List:

1.Thank You , I’m Home

2.Im So Afraid of Losing

3.You Don’t Love Me , You Love Me When You Need Me

4.You Can Run , But You Can’t Hide

  1. In The End ? Who Can I Trust?

 

Cover Artwork by Bintang Priyadmadi

Logo I’m Sorry I’m Lost by Raveizal

All tracks were recorded, mixed and mastered at Heaven Drive Studio (Malang) by Haryo.

Released and Distributed by Barongsai Records

 

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close