Ekstraversi Rilis Single “Candu”

EKSTRAVERSI MASIH DENGAN MUSIK POP MAINSTREAM DI TENGAH RAMAINYA MUSIK ANTI MAINSTREAM

Setelah hampir setahun lalu merilis debut single yang berjudul Available, grup musik dengan genre pop asal Kota Malang ini merilis single kedua yang berjudul Candu pada 10 Mei 2018 secara digital.
Terbentuk tahun 2016, Ekstraversi beranggotakan Himsa (Vokal/Saksofon), Bastian (Gitar Akustik/Rap), Luthfi (Gitar), Raka (Keyboard), Nathan (Bass) dan Ikanang (Drum). Pertemuan mereka di komunitas lokal berbasis musik, yaitu Soundcloud Malang membuahkan dua buah karya hingga saat ini.

Dibalik gempuran band yang mengusung musik sidestream yang selalu berlomba untuk menjadi “yang paling beda”, Ekstraversi masih tetap mengusung genre pop yang mainstream dengan tema universal yaitu cinta.

Nuansa musik yang easy listening beraksen suara saxophone dan synthesizer khas Ekstraversi, kali ini dituangkan dalam format duet. Ekstraversi dalam lagu “Candu” ini mengajak salah satu penyanyi bernama Alizhasha yang merupakan salah satu finalis MLD Jazz Dare to Perform Session 3.

Lagu ini menceritakan tentang “kecanduan”seorang pria kepada pasangan wanitanya. Ekstraversi memaparkan gejala kecanduan itu dalam seluruh tingkah laku pasangan tersebut, bagaimana mereka berbalas pandang, dan bagaimana wanita itu mengisi hari-harinya yang membuat pria tersebut kecanduan.

Ditulis berdasarkan pengalaman dan perasaan pribadi, lagu ini mempunyai arti yang kuat untuk penulisnya, yaitu Raka keyboardist dari Ekstraversi.

Akan tetapi, musik pop yang ditawarkan Ekstraversi tidak serta merta bisa dianggap musik “mainstream” semacam Wali atau Kangen Band. Akar pop kreatif atau sophistipop khas Indonesia masih kuat dalam single “Candu” ini. Menggandeng Alizhasha yang finalis MLD Jazz Dare to Perform Session 3 sebagai tanda bahwa lagu Ekstraversi tidak lepas dari bumbu jazz ringan, soul dan funk, elemen – elemen yang menjadikan Sophistipop (UK) dan Citypop (Jepang) menjadi limbo dimension antara musik sidestream dan mainstream. Sophistipop  tentunya hadir dengan lirik yang lebih detail, menghindari kata – kata “direct” tentang “cinta dan tidak tunduk pada formula “culture industry” yaitu lirik cinta yang mudah dicerna.

Sosial Media :
www.instagram.com/ekstraversi

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close