Now reading
Cinta dalam Diam; Lebih Diam daripada Lirik Lagu Galaumu

Cinta dalam Diam; Lebih Diam daripada Lirik Lagu Galaumu

Ehem, jika anda berpikir mengenai kisah romantis SMA atau semester tiga dalam tulisan ini, maka bersiaplah kecewa. Karena sesungguhnya apa yang tertulis berikut adalah bentuk “cinta” lain yang lebih kontemporer daripada puisi-puisi “senja” atau lagu-lagu pop pujaan kawula muda. Lho ya? Terus? Ya sudah, selamat tinggal romantisme semu.

            Ada sebuah kisah cinta dalam diam yang lebih dalam maknanya daripada sekedar romansa “aku naksir kamu, tapi takut kamu tolak, terus aku diam aja”. Ada sebuah cerita yang mungkin relevan untuk disimak dan ada di sekitar kita, namun kalah oleh quote-quote cinta OA-OA inspiratif. Tidak usah jauh-jauh, lihatlah di sekitar anda dulu.

Ya, apalagi, memulai apapun lebih menarik jika relevansinya dimulai dari diri sendiri. Mas-mas Dream Theater pernah berkata pada lirik “Trial of Tears” di album “Falling into Infinity” mereka, “Take a look at yourself, not at everyone else. Tell me what you see.” Terkadang, hal-hal tersebut luput dari kesadaran diri sendiri karena kita terlalu sibuk mantengin IG mantan yang udah jijik jelas tidak mau denganmu.

Oke, kembali ke topik. Di bawah ini adalah beberapa kisah “cinta dalam diam” yang kadang tak terpikirkan dan, siapa tahu, beberapa di antaranya anda alami sendiri:

  1. Kisah cinta LGBT

Saya tidak ingin membahas hal ini lebih jauh karena pasti nanti banyak yang protes. Jadi intinya, bagaimana rasanya 2 orang sebagai manusia yang saling mencinta, namun terpaksa diam karena (seperti) dimusuhi seisi dunia dengan standar moral, etika, akhlak, dan *ehemmmm agama? Apalagi di sini, di ruang privat macam rumah aja bisa kena grebeg’an.

  1. Kisah cinta beda agama

Nah kalau yang ini pasti sudah banyak kasusnya. Tidak perlu dijelaskan lagi.

  1. Kisah cinta beda status

Wah, kalau ini panjang. Status di sini bisa bermacam-macam, maka dari itu saya kasih subbab-subbab berikut biar terlihat kayak skripsi, hehe:

  1. Beda Status Kedudukan

Misalnya, seorang bos yang ternyata menyukai salah seorang karyawannya. E talaaa ternyata karyawannya juga suka balik sama si bos, dan kebetulan sama-sama jomblo. Hmmmmm….

  1. Beda Status Pernikahan

Nah, kalau ini sudah banyak di Youtube, baru saja viral beberapa waktu lalu, siapa tahu masih ada di Youtube, kalau tidak, cek saja di bukalapak.com.

  1. Beda Status Gelar

Eheeeem, bayangkan jika anda seorang mahasiswa semester tua yang tidak lulus-lulus, lalu bertemu mantan/orang yang anda suka di wisudanya. Ternyata di sana sudah ada calon pendampingnya yang siap memberikan cincin pernikahan. Aduduuuuuh, nderemak? Padahal cinta ini masih terpatri kuat di hati. Tapi ya gimana lagi, jurang pemisahnya gelar. Huhuhuhu.

  1. Kisah cinta 2 orang beda usia

Sudah digariskan oleh ayahanda Pidi Baiq dalam karya The Panasdalam yang berjudul “Cinta Kandas Beda Usia”. Dengarkan saja, jangan malas, hehehe.

  1. Kisah cinta anak dan orang tua

Hmmm, ini yang mungkin bisa relevan di banyak orang. Silahkan bertanya pada diri sendiri, sudahkah anda membalas WA ibu/bapak anda hari ini? Atau mungkin, sudahkah anda memberi kabar “aku baik-baik aja Buk, jangan lupa jaga kesehatan ya” pada ibunda tercinta hari ini? Sudahkah anda, sebagai anak laki-laki memeluk ayah anda sewaktu pulang dan sekedar mengucapkan terima kasih sudah membiayai angan-angan dan fantasi perkuliahanmu dan yang terpenting, rasa cinta kasihnya selama ini? Hmmm, saya curiga kalau anda ternyata lebih sering stalking pacar teman yang semlohai itu daripada melakukan hal-hal di atas.

 

Semoga dengan ini, referensi akan kisah cinta kita bertambah dan tidak terpaku pada yang “itu-itu aja” atau yang “sudah mapan”. Semoga dengan ini kita bisa lebih bisa tahu dan mengerti sesama manusia, karena sesungguhnya ketidaktahuan bisa jadi merupakan akar dari masalah-masalah di dunia.

Mari sama-sama belajar, karena hidup tak melulu soal berkomentar.

 

 

-KMPL- (@randy_kempel)

admin

1 Comment

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>