5 Fakta Ary Juliant Bukan Hanya Musisi Folk

Ary Juliant mungkin tidak seterkenal Ebiet G Ade maupun Franky Sahilatua, namun bagi yang mengikuti sepak terjangnya maupun penggemarnya ia adalah musisi gerilya yang tidak sembarangan dilabeli musisi folk. Mengapa begitu?

1. Ia mempunyai lagu berjudul Natuna Jazzy

Dari Album Tentang Matahari di tahun 2015 ada lagu yang bercerita tentang Pulau Natuna, sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, pulau yang paling utara di Selat Karimata. Nuansa jazz yang smooth dan penuh scatting dipadu irama tropis membuat kita langsung terbayang indahnya pulau yang dikelilingi Laut Cina Selatan dan Laut Jawa ini.

2. Ia adalah musisi PUNK

Dengan semangat DIY (Do It Yourself) ia memproduksi 30 album sejak tahun 80an dengan menggambar artworknya sendiri, menduplikasinya sendiri, mendistribusikannya sendiri dan mempromosikannya sendiri dengan relasi teman – teman dekatnya yang mempunyai relasi terhadap venue – venue konser yang dihampiri jadwal tournya. Persis dengan apa yang dilakukan rekan rekan Hardcore Punk dan Punk.

3. Ia adalah musisi Blues

Dengan lagu terkenalnya Blues Kumaha Aing, dan Album Balada Blues dan Gunung – gunung Itu dengan lagu andalan Down The Timika Road, yang kental jurus 8 bar menandakan bahwa Ary Juliant tak hanya bernyanyi khas syahdunya musik folk tapi juga garangnya blues.

4. Ia adalah musisi Religi

Bahkan tanpa menyampurkan nuansa timur tengah pun ia bisa menggubah lagu – lagu seperti Balada Puasa maupun Maghrib Saliperate.

5. Ia adalah musisi etnik

Dengan dihiasi bahasa lombok ia menggubah lagu Janji Leq Sedin Kokok, lagu yang kental dengan instrumen etnik seperti tabla. Nuansa ini juga ia masukkan di lagu Sky In Bophal dengan sedikit balutan bahasa hindi.

Nah dengan 5 fakta tersebut diatas, apakah masih ngotot Ary Juliant hanyalah seorang musisi folk yang bisa sembarangan kamu jajarkan dengan musisi – musisi yang sok bicara kopi, senja dan gunung demi nilai “keren” semata. Ary Juliant adalah musisi yang keren tanpa berusaha keras untuk menjadi keren. Ia bukan cetakan fotokopi musisi barat yang kadang adalah derivat dari musisi pendahulu atau seangkatannya, Ary Juliant adalah Ary Juliant dengan segala kejutannya
 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close